Iqbal Sebut Banyak Investor Jepang Tertarik ke Makassar

NASIONAL, NEWS424 Dilihat

SULSEL.NEWS – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb memperlihatkan antusiasnya yang tinggi terhadap persiapan penyelenggaran “Smart City Conference with JASCA in Makassar 2020”.

Hal ini terlihat saat melakukan pertemuan dengan sejumlah delegasi Japan Association for Smart Cities in ASEAN (JASCA) di Rujab Wali Kota, pada Jumat (21/2/2020).

Dikatakan Iqbal, tidak kurang 26 perusahaan ternama Jepang sudah terkonfirmasi akan datang ke Makassar dan melakukan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Kota Makassar terkait sejumlah bidang, baik lingkungan, kesehatan, maupun pendidikan.

“Hari ini kami bertemu dengan perwakilan JASCA membicarakan persiapan konferensi, termasuk mematangkan sejumlah agenda pertemuan antara private sector Jepang dengan sejumlah OPD kita” ujar Iqbal.

Sementara itu, Miharu Hosono, Urban Regional Planning Group Oriental Consultans Global menjelaskan sejumlah alasan dari private sector Japan untuk datang ke Kota Makassar.

“Makassar salah satu kota terbesar di Indonesia, dan kami melihat semangat yang begitu besar untuk menjadi kota yang lebih cerdas dengan membuka keterhubungan secara internasional. Tadi kami sudah berbicara banyak dengan pak walikota, termasuk menyusun agenda penting yang nantinya akan di bahas pada konferensi,” terang Miharu.

Sejumlah OPD Kota Makassar akan disiapkan untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan private sector Jepang diantaranya PDAM, Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan beberapa instansi lainnya. (*)

Editor: admin