Gubernur dan Pj Wali Kota Makassar Terima UPK 75 dari Bank Indonesia

Uncategorized401 Dilihat

SULSEL.NEWS – Bank Indonesia menyerahkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 kepada Gubernur Sulawesi Selatan dan juga Pj Wali Kota Makassar di Ruja Gubernur Sulsel, pada Senin (17/8/2020).

Kepala Group SP-PUR Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov Sulsel, Endang Kurnia Sapuetra menyerahkan secara langsung kepada Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, dan juga Pj Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin.

UPK 75 Tahun merupakan uang edisi khusus yang berbentuk kertas pecahan Rp. 75.000 sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender).

Sementara itu Gubernur BI Perry Warjiyo, saat peresmian pengeluaran uang peringatan kemerdekaan 75 Tahun secara virtual mengatakan, peresmian ini menandakan uang pecahan Rp 75 ribu tersebut akan mulai berlaku sejak hari ini, yakni bertepatan dengan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Menurut Perry, uang edisi khusus tahun ini merupakan perilisan yang keempat kalinya. Sebelumnya sudah ada tiga kali, yakni pada peringatan HUT Kemerdekaan RI yang Ke-25 pada tahun 1970, HUT Kemerdekaan RI yang ke-45 pada tahun 1990, HUT Kemerdekaan RI yang ke-50 pada tahun 1995.

Selanjutnya, BI berencana akan melakukan penerbitan uang edisi khusus ini secara terjadwal sehingga bisa menjadi momentum sejarah yang terus diingat.

“Ke depan Insya Allah pengeluaran uang khusus untuk peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali,” ujar Perry.(*)

Editor: admin