Danny Segera Gelar Rakor Bahas Pemberian NIK Dan BPJS Kesehatan Bagi Pasien ODGJ

NEWS381 Dilihat

SULSEL.NEWS – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto merespon baik manajemen pihak RSKD Dadi. Pasalnya pihak rumah sakit rencananya akan memberikan NIK dan BPJS kesehatan kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang belum memilikinya.

Hal tersebut diutarakan Arman Bausat Dirut RSKD saat diterima Walikota Danny di kediaman pribadinya jalan Amirullah, Kamis (22/7/2021).

Menurutnya, saat ini pasien ODGJ masih banyak yang belum memiliki NIK dan BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan berobat.

“Dalam pertemuan ini, kami laporkan ke pak Wali terkait adanya warga Makassar di RSKD Dadi. Masih ada belum memiliki NIK juga BPJS. Karena sekarang itu ada total 109 ODGJ yang terdata,” ungkap Arman.

Arman menyebutkan jika Danny sangat merespon baik dengan pemberian jaminan kesehatan bagi ODGJ.

“Pak Wali sangat merespons. Dan siap membantu kami. Karena tidak sedikit juga ODGJ ini terkonfirmasi positif Covid 19. Jadi dalam masa perawatan dan pasca perawatan, ODGJ ini betul-betul mendapat perhatian dalam perawatan medisnya,” ucapnya.

Danny merespek program yang disampaikan oleh pihak RSKD Dadi. Menurutnya, sangat penting ada perhatian khusus bagi pasien ODGJ apalagi dengan adanya pemberian jaminan sosial bagi mereka.

“Kita dengan pihak pemerhati ODGJ dari RSKD membicarakan terkait permasalahan sosial. Bagaimana perhatiannya dan termasuk keluhan terhadap pelayanan Dinas Sosial Kota Makassar, yang sebelum kepemimpinan saya hampir dikatakan tidak peduli terhadap warga kita yang menderita ODGJ,” jelasnya.

Menindak lanjuti hal tersebut Danny akan menggelar rakor khusus untuk membahas mitigasi sosial.

“Kami akan lakukan rakor khusus untuk mitigasi sosial. Salah satu pembahasan yang akan diagendakan dalam rakor ini tentunya terkait perhatian kita ke ODGJ ini. Kita akan saling memberi dukungan dan juga saling menguatkan,” kuncinya. (**)