Danny Sebut HPSN Sejalan Dengan Program MTR

NASIONAL, NEWS433 Dilihat

SULSEL.NEWS – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto hadir membuka kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, di TPS3R Pesantren Darul Aman, Jl. KH Abd Jabbar Asyiri, Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, pada Minggu (24/2/2019)

“HPSN adalah momen sangat baik yang dicanangkan langsung Presiden RI Joko Widodo. Hal ini sejalan dengan program unggulan Makassar yakni Makassar Tidak Rantasa (MTR). MTR selalu relevan dengan semangat-semangat Indonesia mengurangi bahkan bebas sampah, khususnya plastik,” terang Danny dalam sambutannya.

Dikatakannya, Makassar belum mendeklarasi Makassar Bebas Plastik karena lebih kepada paham bahwa plastik itu harus dikendalikan agar bagaimana tidak mencemari lingkungan. Menurutnya pengendalian plastik jauh lebih penting dari gerakan bebas plastik

“Jika bank sampah (TPS3R) mengelola plastik dengan baik, maka akan membawa dampak yang baik pula, Karena sampah plastik punya nilai ekonomis. Persoalanya tinggal bagaimana plastik tidak menjadi polutan baik di air, tanah, maupun di udara,” jelasnya.

Dikatakan pula, yang membuat Makassar ini bersih karena petugas kebersihan membersihkan sampah. Bukan kota ini tercipta kebersihannya karena kesadaran masyarakat tidak membuang sampah.

“Tadi saya jalan dan melihat kotornya minta ampun, kenapa? karena mereka berharap pada petugas kebersihan. Jadi ada mainset yang salah. Padahal yang penting bukan membersihkan sampah, tapi mengurangi sampah dengan tidak membuang sampah,” tandasnya.(*)

Editor: admin