Cipayung Plus Makassar Serukan Deklarasi Damai Untuk Papua

NASIONAL, NEWS418 Dilihat

SULSEL.NEWS – Kelompok Cipayung Plus Kota Makassar menggelar deklarasi damai untuk Papua “Dari Sabang sampai Merauke Kita Semua Bersaudara”, di Monumen Mandala, pada Selasa (3/9/2019).

Diketahui, Cipayung Plus Kota Makassar merupakan organisasi mahasiswa yang terdiri Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Persatuan Mahasiswa Kristen Republik Indonesia (PMKI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Liga Mahasiswa Nasional untuk demokrasi (LMND), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI).

Berikut 6 poin penting seruan deklarasi aksi damai Kelompok Cipayung Plus Kota Makassar:

1. Mengimbau seluruh elemen bangsa jangan terpancing isu rasialisme yang akan mencederai keharmonisan sesama anak bangsa.

2. Menyatakan kepada seluruh rakyat Indonesia bersatu padu melawan pihak atau kelompok tertentu yang merobek keutuhan NKRI.

3. Menyatakan Papua adalah wilayah integral NKRI yang harus di jaga bersama-sama dan NKRI harga mati.

4. Menyatakan bahwa kota Makassar adalah kota yang menjunjung nilai-nilai kebudayaan sipakatau sipakainge sipakalebbi dan merupakan corong pendidikan Indonesia Timur yang senantiasa menjaga tatanan hidup bersama.

5. Bahwa Pancasila sebagai konsensus yang telah final dan Bhinneka Tunggal Ika tidak mengenal rasisme kita anak bangsa yang lahir dari rahim yang sama yaitu Ibu Pertiwi.

6. Mengimbau kepada pihak asing tidak ikut campur kedaulatan NKRI.

Usai deklarasi dilanjutkan penandatanganan pakta integritas Deklarasi Damai Untuk Papua oleh masing-masing Ketua yang tergabung dalam Cipayung Plus Kota Makassar dan perwakilan Mahasiswa Papua. (*/rls)

Editor: admin